Recent Post Ξ

Posted by : Rinaldo Desember 03, 2015



Halo Vroh~~
Kali ini ane mw membahas soal PC, lebih tepatnya ram (ram untuk laptop). Sebenarnya ane dalam post kali ini, tidak membahas sampai detail. Tetapi Cuma singkat aja dan semoga mudah dipahami. Oiya, alasan kenapa ane bikin post ini adalah karena gak ada postingan ane sering banget menemukan pertanyaan dibeberapa grup, web, dan  juga bbrapa dari teman tentang ram, seper

  • ·         Kok ram nya gk kebaca ??

  • ·        Kok laptop gw nge lag ??

  • ·         Loh ??
  • ·         Apa ini ?? buka ini aja berat (game 2015)
  • ·         Merk ini bagus gak ??
  • ·         4gb / 8gb bagusan mana
  • ·         Dan lain lain..
Jadi mumpung lagi mood ngetik, ane mencoba untuk menjelaskan cara memilih ram. Btw, ram itu apa sih ?? adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random.

Jadi, dalam sebuah latop, RAM sangat mempengaruhi kerja laptop. Jadi mulai sekarang, jika ada temen ente yang bilang ke temen yang lain, seperti “laptop apaan neh, berat amat. Banyak virus neh”, sadarkan lah dia ke jalan yang benar :3

Daripada tambah ngawur, langsung tu de poin ajah.
sebelum membeli ram (khususnya laptop), pastikan tegangan (volt) ram tersebut. Karena, jika volt nya tidak sebanding dengan laptop kita, maka RAM tersebut tidak akan terbaca (pengalaman ane).
“Tapi gmana cara mengetahui V pada ram ??” caranya cukup mudah (sudah bertanya2 ke bbrapa grup ahirnya dapat), yaitu dengan cara memakai Software gratis yang berna CPUID.

Sebelumnya, CPU-Z adalah alat diagnostik gratis yang memberikan informasi tentang CPU dan beberapa perangkat utama dari sistem anda, serta memonitoring kinerja benchmark software dan hardware pada pc atau laptop.

Sekilas fitur Software tersebut :
– Melacak Nama dan nomor CPU
– Proses Core.
– Tegangan inti.
– Internal dan eksternal clocks, clock multiplier.
– Informasi L1 dan L2 cache.
– mainboard: Vendor, model dan revisi.
– Model BIOS dan tanggal.
– Chipset (Northbridge dan Southbridge) dan sensor.
– Grafis antarmuka.
– memori: Frekuensi dan timing.
– Modul (s) spesifikasi menggunakan SPD (Serial Presence Detect): vendor, nomor seri, timing.
– Sistem Windows dan versi DirectX.
– Intel CedarTrail platform.

Jadi, jika sudah punya sofware tersebut, tinggal dibuka aja. Jika belum, klik DUNLUT ini untuk download. (gugling aja ya :3 )
Setelah di download, install dan buka sofware tersebut.

Perhatikan yang ane lingkari. Berarti Ram ane itu 1.35V. jadi Cuma ram ber Volt 1.35 aja yang kebaca, selebih nya gak bakalan kebaca. Jadi hati2 buat ente yang mw beli ram. Apalagi beli Online, jangan sampe salah beli :3


Dan ini gambar Ram yang sudah ane tambah. Karena sebelumya setelah berkeliling di toko2, gak ada yang jual 1.50v. dan untung setelah bertanya digrup, ane dapat pencerahan :3 alhasil sekarang Ram laptop ane 6gb :3
Bagi ane, Cuma itu aja sih yang perlu diketahui sebelum membeli ram. Jika kalian ada masukan, atau saran, jangan segan berkomentar. Berbagi ilmu sesama :3 ohiya, menurut ane sih, apapun merk nya, kayaknya kinerja nya bakal sama. Asal ram tersebut sama dengan ram bawaan laptop kita (kaya laptop ane yang di SS).

Yap, cukup sekian post kali ini. Kalau ada komentar, jangan ragu untuk komentar. Ane harap, bisa membantu orang yang akan membeli ram Tambahan, khususnya ram laptop. Biarlah ane sendiri yang sudah susah payak keliling toko dan tanya2 + gugling kesana kemari :3

Intinya, jika mw beli ram, pastikan :
·        - Ram tersebut mempunyai V (volt) yang sama dengan bawaan
·        - Mempunyai budget (uang)
·        - Mempunyai laptop
·        - Tamvan
·        - Tidak maho ;3

Makin ngawur aja ini, sekian. Jangan lupa komen dan share nya :3 komentar nya juga yah :3

Terima kasih :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SwitchShare - Switch Share - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Published by Responsive blogger Templates-